Sabtu, 28 Mei 2011

Siphonaptera Bagian Ke-2

Siphonaptera adalah serangga lateral, bersayap, dan holometabola. Terdapat hampir 2.575 spesies. Semua spesies parasit dalam tahap dewasa memiliki mulut yang dirancang untuk menusuk dan mengisap, sisir dirancang hampir di seluruh tubuh mereka dan kaki, serta kaki dirancang untuk melompat. Beberapa spesies vektor penyakit, dan penelitian saat ini memberikan wawasan penting dalam evolusi.

Kurang dari 100 jenis kutu telah dijelaskan sebelum akhir abad ke-19. Pada tahun 1898 itu menunjukkan bahwa kutu mampu menularkan wabah organism. Pada awal abad 20, AC Oudemans, Julius Wagner, C. Nathan Rothschild, dan Karl Jordan membuat kontribusi besar. Karl Jordan diakui sebagai "bapak sistematika kutu".

Dari tahun 1953 hingga 1971, Ghe Hopkins dan M. Rothschild menerbitkan serangkaian lima volume komprehensif tentang sistematika kutu, dan tiga volume tambahan pendamping diterbitkan bagi keluarga yang tersisa oleh Mardon pada tahun 1981, Traub, Rothschild, dan Haddow pada tahun 1983, dan Smit di 1987.Robert Traub dijelaskan 153 taksa loak dan memberikan wawasan kritis ke filogeni kutu, evolusi konvergen, dan zoogeografi. Hari ini hanya ada beberapa spesialis kutu dengan pengetahuan tentang fauna kutu global.

Ordo Siphonoptera mempunyai ciri ciri tidak bersayap, termasuk endopterygota, bermata tunggal, metamorfosisnya sempurna, dan mempunyai alat mulut menusuk dan menghisap. Contohnya adalah Ctenocephalus cannis (kutu anjing), Ctenocephalus felis (kutu kucing), Pulex irritan (pinjal manusia), Xenopsylla cheopsis (kutu tikus). Dalam kesempatan kali ini kami hanya akan membahas mengenai Ctenocephalus felis (kutu kucing) dan Xenopsylla cheopsis (kutu tikus)

2.1 Morfologi, Klasifikasi, Siklus Hidup, Habitat, Diagnosis, Penyakit yang ditularkan oleh Ctenocephalides felis, serta cara pencegahan dan pengobatannya

2.1.1 Morfologi

Kutu jenis ini memiliki ciri-ciri tidak bersayap, memiliki tungkai panjang, dan koksa-koksa sangat besar, Tubuh gepeng di sebelah lateral dilengkapi banyak duri yang mengarah ke belakang dan rambut keras, Sungut pendek dan terletak dalam lekuk-lekuk di dalam kepala, Bagian mulut tipe penghisap dengan 3 stilet penusuk, Metamorfosis sempurna (telur-larva-pupa-imago), Telur tidak berperekat, abdomen terdiri dari 10 ruas, Larva tidak bertungkai kecil, dan keputihan, Memiliki 2 ktinidia baik genal maupun prenatal. Perbedaan antara jantan dan betina dapat dilihat dari struktur tubuhnya, yaitu jika jantan pada ujung posterior bentuknya seperti tombak yang mengarah ke atas dan antenna lebih panjang, sedangkan tubuh betina berakhir bulat dan antenna nya lebih pendek dari jantan

Kutu kucing ini berwarna coklat kemerahan sampai hitam, dengan betina yang warna nya sedikit berbeda. Selain dari sedikit perbedaan dalam ukuran dan warna, fitur utama lainnya membedakan antara jantan dan betina adalah adanya kompleks, alat kelamin berbentuk bekicot pada laki-laki. Ctenocephalides felis dibedakan dari kutu lain dengan ctenidia karakteristik, atau sisir, tetapi memiliki ctenidium pronotal dan ctenidium genal dengan lebih dari 5 gigi. Morfologi kutu kucing adalah mirip dengan kutu anjing, canis Ctenocephalides, tetapi kutu kucing memiliki karakteristik dahi miring. Tibia belakang juga berbeda dari spesies loak lainnya dalam hal ini tidak memiliki gigi apikal luar. Semua anggota ordo Siphonaptera memiliki otot yang kuat berisi resilin, protein sangat elastis, di kaki mereka, yang memungkinkan kutu melompat setinggi 33 cm.


Larva kutu mirip belatung kecil dengan bulu pendek dan rahang untuk mengunyah. Kepompong hidup terbungkus dalam kepompong sutra-puing bertaburan. (Arnett, 1985; Hubbard, 1968; Roberts dan Janovy, 2000; Swan dan Papp, 1972)

2.1.2 Klasifikasi

Klasifikasi Ctenocephalus felis adalah sebagai berikut :

· Golongan : Animalia

· Filum : Arthropoda

· Kelas : Insekta

· Ordo : Siphonaptera

· Family : Pulicidae

· Genus : Ctenocephalides

· Spesies : Ctenocephalides felis

2.1.3 Siklus Hidup

Telur akan menetas 2-10 hari menjadi larva yang makan darah kering (yang dikeluarkan pinjal dewasa), feses, bahan organik lainnya. Larva juga membuat pupa dengan menyilih 2 kali. Stadium larva berlangsung 1-24 minggu. Pupa dapat hidup selama 1 minggu sampai 1 tahun tergantung faktor lingkungan.

Pinjal ini dapat sebagai hospes intermedier dari Dypillidium caninum, dan menyebabkan gatal dan iritasi pada tubuh hospes (kucing).

1.1.4 Habitat

kutu kucing hidup di sarang dan tempat beristirahat dari host mereka ketika mereka tidak makan, dan tuan rumah mereka ketika mereka makan. Mereka hidup di hampir semua jenis habitat, selama itu hangat dan lembab cukup untuk mempromosikan pembangunan. (Roberts dan Janovy, 2000)

Hewan ini ditemukan di daerah yang beriklim tropis, terestrial biomes, seperti padang pasir atau gundukan, savana atau padang rumput, kaparal, hutan hujan, hutan belukar, perkotaan, pinggiran kota, serta pertanian.

2.1.5 Diagnosis

Diagnosis Ctenocephalides felis pada kucing dapat dilakukan dengan melihat adanya kotoran seperti butiran pasir diantara bulu kucing, dan biasanya Ctenocephalides felis dapat ditemukan pada daerah yang berbulu lebat seperti pada bagian leher.

2.1.6 Penyakit yang ditularkan

Bartonella dan apedermatitis.

2.1.7 Cara Pencegahan

v Karena larva dapat hidup pada daerah pembaringan hospes maka kebersihan dan sanitasi lingkungan harus dijaga.

v Menghindari kontak langsung dengan hewan/tempat-tempat yang ada pinjal.

v Pil KB (Program ®). Produk ini (lufenuron) mencegah telur kutu dari menetas. Hal ini diberikan secara oral untuk hewan peliharaan sebulan sekali di makanannya. kucing diberi dalam bentuk suspensi cair.

2.1.8 Pengobatan

Dichlorvos, pyretrum 10%, Malation 5%, Triclorfon 2,5%, Coumaphos 0,5%, Carbaryl.

2.2 Morfologi, Klasifikasi, Siklus Hidup, Habitat, Diagnosis, Penyakit yang ditularkan oleh Xenopsylla cheopsis , serta cara pencegahannya dan pengobatannya

2.2.1 Morfologi


Kutu tikus Oriental tidak memiliki sisir genal atau pronotal. Karakteristik ini dapat digunakan untuk membedakan kutu tikus oriental dari kutu kucing, kutu anjing,dan kutulainnya.Tubuh kutu adalah hanya sekitar sepersepuluh dari satu inci panjang (sekitar 2,5 mm).

Tubuh kutu adalah dibangun untuk memudahkan lompat jarak jauh. Tubuh kutu terdiri dari tiga wilayah: kepala, dada, dan perut. Kepala dan dada telah barisan bulu (disebut sisir) dan perut terdiri dari delapan segmen.

mulut Sebuah kutu terdiri dari dua fungsi: satu untuk menyemprotkan air liur atau sebagian darah dicerna ke dalam gigitan, dan satu untuk menyedot darah dari tuan rumah. Proses ini memancarkan secara mekanis patogen yang dapat menyebabkan penyakit kutu mungkin. Kutu menghela napas bau karbon dioksida dari manusia dan hewan dan melompat dengan cepat ke sumber untuk memberi makan pada host yang baru ditemukan. kutu adalah bersayap sehingga tidak bisa terbang, tapi bisa lompat jauh dengan bantuan kaki kuat kecil. Sebuah kaki kutu terdiri dari empat bagian. Bagian yang paling dekat dengan tubuh adalah coxa tersebut. Berikutnya adalah femur, tibia dan tarsus.

2.2.2 Klasifikasi

Klasifikasi Xenopsylla cheopsis adalah sebagai berikut :

· Golongan : Animalia

· Filum : Arthropoda

· Kelas : Insekta

· Ordo : Siphonaptera

· Family : Pulicidae

· Genus : Xenopsylla

· Spesies : Xenopsylla cheopsis

2.2.3 Siklus Hidup

v Tahap Telur


Seekor kutu betina dapat bertelur 50 telur per hari di hewan peliharaan anda. Telurnya tidak lengket, mereka mudah jatuh dari hewan peliharaan anda dan menetas dalam dua atau lima hari. Seekor betina dapat bertelur sekitar 1.500 telur di dalam hidupnya.

v Tahap Larva


Setelah menetas, larva akan menghindar dari sinar ke daerah yang gelap sekitar rumah anda dan makan dari kotoran kutu loncat ( darah kering yang dikeluarkan dari kutu loncat). Larva akan tumbuh, ganti kulit dua kali dan membuat kempongpong dimana mereka tumbuh menjadi pupae.

v Tahap Pupa


Lama tahap ini rata-rata 8 sampai 9 hari. Tergantung dari kondisi cuaca, ledakan populasi biasanya terjadi 5 sampai 6 minggu setelah cuaca mulai hangat. Pupa tahap yang paling tahan dalam lingkungan dan dapat terus tidak aktif sampai satu tahun. Tahap Dewasa Kutu loncat dewasa keluar dari kepompong nya waktu mereka merasa hangat, getaran dan karbon dioksida yang menandakan ada host di sekitarnya. Setelah mereka loncat ke host, kutu dewasa akan kawin dan memulai siklus baru. Siklus keseluruhnya dapat dipendek secepatnya sampai 3-4 minggu.

2.2.4 Habitat

Xenopsylla cheopis biasanya mendiami habitat tropis dan subtropis, meskipun telah dilaporkan dalam zona sedang juga. Cheopis Xenopsylla jarang ditemukan di tempat yang dingin karena membutuhkan iklim / tropis subtropis untuk menjadi kepompong. Kutu yang lazim di kota-kota besar banyak. Spesies Rattus biasanya ditemukan dalam sistem saluran pembuangan kota dan habitat terkait manusia adalah host yang sangat baik untuk cheopis X.. Pelabuhan laut dan daerah tikus-penuh lainnya juga habitat umum untuk cheopis X..

Kutu adalah parasit nidiculous, mereka tinggal di sarang tuan rumah. Pakaian, tempat tidur dan sofa membuat rumah sempurna untuk banyak dari kutu. Kutu hanya melampirkan menjadi tuan rumah sementara mereka sedang menghisap darah; di lain waktu mereka bebas-hidup di sarang tuan rumah. (Brown, 1975; James dan Harwood, 1969)

Eksperimen, telah ditunjukkan bahwa kutu berkembang dalam kondisi iklim kering dengan temperatur 20-25 ° C (68-77 ° F). Mereka dapat hidup sampai satu tahun dan dapat tinggal dalam tahap kepompong sampai setahun jika kondisi tidak menguntungkan.

2.2.5 Diagnosis

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya. Pemeriksaan darah bisa menunjukkan adanya peningkatan kadar antibodi terhadap tifus.

2.2.6 Penyakit yang ditularkan

Tifus murin, Black death

2.2.7 Cara Pencegahan

Hindari tempat-tempat yang banyak mengandung kutu tikus.

2.2.8 Pengobatan

Untuk meredakan infeksi dan mengatasi gejala-gejalanya, diberikan antibiotik (tetrasiklin, doksisiklin, kloramfenikol). Tetrasiklin biasanya tidak diberikan kepada anak-anak karena dapat mengganggu pertumbuhan gigi.


Kebanyakan penderita akan sembuh sempurna. Tetapi kematian bisa terjadi pada penderita dengan usia lebih tua dan dengan gangguan sistem kekebalan.

3 komentar:

me_arini mengatakan...

Sumpahh dahhh!! Blog ini oke punyaaaa!! Bantu banget utk tugas" parasitologi gw!! Thx a lot dewii.. :)

Unknown mengatakan...

mm... makasih ya arini sadida.. atas komentarnya.. hehe (agak lebay sih..) hhe

Santallum_Cendana mengatakan...

thanksss dwiii blog ini bantu sy tuk carii tugasss parasitologiiii,,